Kamis, 20 November 2014

tugas praktikum desain web dan grafis "dampak menggunakan high heels"

   Dampak Menggunakan High Heels  Menggunakan sepatu hak tinggi atau hight heels merupakan keperluan yang tidak dapat dipisahkan untuk sebagian wanita. Dengan menggunakan sepatu high heels dapat membuat kaki anda terlihat jenjang dan cantik. Tapi taukah anda ternyata aksesoris tubuh yang satu ini akan menimbulkan pengaruh yang negatif jika anda tidak dapat menempatkan pada waktu yang tepat. Sepatu High Heels akan mengakibatkan tekanan yang tinggi pada permukaan telapak kaki anda sehingga akan memicu metatarsalgia yaitu kondisi sakit yang parah atau kram yang ditimbulkan oleh bagian anterior tulang telapak, biasanya anda akan mengalami nyeri pada bagian tumit dan mata kaki. Penggunaan sepatu high heels dalam waktu yang sering dapat menimpulkan masalah pada kaki anda.
 Berikut masalah yang mungkin timbul ketika anda sudah sering menggunakan sepatu high heels dalam segala aktivitas sehari-hari :
1.      Otot Tubuh Mengecil
Tubuh yang tidak seimbang yang dihasilkan dari penggunaan sepatu high heels dalam periode yang cukup lama, sehingga akan memicu masalah pada otot-otot tubuh anda. Otot-otot akan mengecil bahkan penelitian menemukan penggunaan sepatu hak tinggi dalam kegiatan sehari-hari akan memperpendek otot kaki anda. Hal ini disebabkan karena sepatu high heels mendorong anda untuk berjalan jinjit.
2.      Memicu Tubuh Melengkung
Penggunaan high heels yang terlalu sering akan membuat postur tubuh anda berubah, sehingga terjadi perubahan pada pinggul dan tulang belakang menjadi tidak sejajar, inilah yang menyebabkan tubuh anda terlihat melengkung selain itu juga akan mempengaruhi cara jalan anda ketika anda melepaskan high heels dikehidupan sehari-hari.
3.      Penyebab Tumor jinak
Pada dasarnya anda harus menyesuaikan bentuk high heels dengan kaki anda, sehingga anda tampil nyaman. Selain kenyamanan, ternyata bentuk juga sangat mempengaruhi kesehatan anda. Usahakan anda memilih high heels yang tidak akan menimbulkan peyempitan dan tidak terlalu tinggi. Penggunaan sepatu hak tinggi yang sering dengan ketinggian yang berlebih akan mengakibatkan penebalan jaringan saraf pada jari kaki ketiga dan keempat, sehingga menimbulkan rasa nyeri pada jari sehingga memicu tumor jinak.
4.      Resiko sering Keseleo
Untuk anda yang memang sering menggunakan high heels pada setiap aktivitas anda sebaiknya dibatasi baik dari lama waktu penggunaan atau juga ketinggian. Tidak semua high heels memberikan kenyaman untuk kegiatan anda, diantaranya ketidaknyaman diakibatkan karena tumpuan hanya pada ujung kaki sehingga membuat anda kesulitan untuk bebas bergerak dan jika dipaksakan beraktivitas ekstra akan menyebabkan keseleo pada pergelangan kaki.
5.      Gangguan Kesehatan Untuk Ibu Hamil
Ibu hamil batasi penggunaan sepatu hak tinggi, jika memang kegiatan anda mengharuskan penggunaan sepatu hak tinggi usahakan tidak memilih hak yang lebih dari 5 cm, sehingga tubuh anda kesulitan untuk menopang tubuh. Jika anda memaksakan untuk menggunakan sepatu hak tinggi maka dikhawatirkan akan mengakibatkan sakit punggung, hal ini diakibatkan karena ketika sedang hamil akibat adanya peningkatan hormon relaxin yang dihasilkan dari indung telur. Kondisi ini akan lebih parah ketika anda menggunakan sepatu hak tinggi ketika sedang hamil dan memberikan ketegangan pada punggung anda. Keseimbangan karena peningkatan berat badan anda ketika hamil ditakutkan akan mempengaruhi cara jalan anda sehingga mengakibatkan anda keseleo.


perlu diketahui ternyata penggunaan high heels juga mempunyai dampak negatif yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan kita. Ketika kita melangkah satu kali dengan menggunakan high heels, 25% dari berat badan harus disangga oleh kaki. Normalnya, 50% berat tubuh disangga oleh tumit, 15% oleh ibu jari, 35% oleh sisanya. Saat Kita menggunakan high heels, berat badan tubuh tidak disangga dengan semestinya, yang pada akhirnya akan menyebabkan nyeri atau sakit pada kaki dan organ lainnya seperti :

1.                  Rentan mengalami patah tulang kaki.
2.                  Dapat menyebabkan peradangan pada kaki.
3.                  Nyeri lutut.
4.                  Nyeri punggung.
5.                  Beresiko menyebabkan keseleo akibat terjatuh dari sepatu high heels.

Karena memiliki dampak buruk bagi kesehatan, lebih baik kita mulai membatasi pemakaian high heels agar resiko penggunaannya pun bisa kita minimalkan. Bukan berarti kita tidak boleh memakai high heels tetapi disarankan jangan terlalu sering memakainya, karena kesehatan lebih berarti dibandingkan dengan penampilan.


·                                           1.  Pemakaian yang terus-menerus juga dapat meningkatkan kaki merosot ke bagian                                   depan sepatu karena beban tubuh tertumpu pada jari-jari kaki.
2.  Postur yang dihasilkan saat berjalan dengan high heels, menambah paksaan pada bagian belakang lutut, daerah umum dari osteorthritis di antara wanita.
3. Otot betis berkontraksi dan menyusuaikan sudut dari high heels. Akibatnya otot menjadi lebih pendek dan tegang.
4. Tinggi hak sepatu dan bagian depan sepatu yang sempit dapat menimbulkan penebalan jaringan saraf antara jari ketiga dan keempat yang dapat menimbulkan rasa sakit dan mati rasa pada jari.
5. Otot kaki pada bagian bawah tidak akan bekerja maksimal, dan akan mudah cedera terutama bagian ankle
6.   Peredaran darah tidak akan terhambat di beberapa tempat..
7. Otot lebih mudah cedera dan berkumpul pada suatu tempat karena aliran darah yang tidak lancar..
8.  Mengenakan high heels membuat badan cenderung condong kedepan, ini menyebabkan perlahan, tapi pasti tulang punggung anda tidak akan tegak dan lurus, namun condong ke depan.
9. Tekanan pada jari-jari kaki lebih besar, sehingga pada umumnya jari kaki akan berbengkok, bentuknya tidak lagi alami seperti biasanya.
10. Segelintir scientist menyebutkan bahwa high heels mampu memengaruhi ketidaklancaran sistemurogenital. mereka yang menggunaakan high heels, sistem pembuangannya tidak lancar, sulit membuang air besar maupun kecil.
11.   Mempengaruhi bentuk tulang dan tubuh, kesuburan, dan hasrat seksual.

Puputalfatih. (2014). Fashion style. (2011). Ar-sembilan. (2013). Dampak menggunakan high heels. Form,





Tidak ada komentar:

Posting Komentar